[Karya Tugas Akhir - Amanda Desty] Perancangan Interior Sekolah Tinggi Mode Haken Indonesia

Jumat, November 21, 2014

Hello.
Postingan kali ini mengenai Karya Tugas Akhir aku di kuliah. Aku mengambil judul "Perancangan Interior Sekolah Tinggi Mode Haken Indonesia di Jakarta" dan semoga bisa buat referensi kalian yang kuliah di jurusan Desain Interior.

Singkatnya, Tugas Akhir ini adalah karya aku di bidang Desain Interior. Bangunan yang aku desain adalah sebuah Sekolah Tinggi di bidang Mode (Fashion) dengan luas bangunan ±  3600 M(3 lantai).
Proyek ini sebenarnya bersifat fiktif alias tidak nyata. Doakan saja suatu saat bisa diwujudkan. hehehe...
Proyek ini berorientasi terhadap edukasi, bisnis serta hiburan.
Latar belakang adanya sekolah tinggi ini adalah di zaman sekarang perkembangan fashion semakin pesat sehingga banyak peminat fashion, desainer fashion, pelaku bisnis dalam bidang fashion serta individu yang lebih memperdalam pengetahuan serta ketrampilan di bidang fashion. Maka hadir sebuah tempat yang berkontribusi dalam bidang edukasi fashion dan juga menyediakan kebutuhan akan informasi, komunikasi, promosi, dan transaksi (Fashion Edupreneurship).

Berikut ini adalah denah dan layout lantai dasar, 1 dan 2.
Lantai Dasar

Lantai 1
Lantai 2
Fasilitas-fasilitas yang ada di Sekolah Tinggi Mode Haken Indonesia (STiMHI) tidak hanya terbatas pada fasilitas pendidikan saja. Selain ruang ruang kelas, studio dan ruang pengelola, di sekolah tinggi tsb juga mempunyai fasilitas pendukung lain seperti cafe, butik dan galeri, ruang serbaguna, lobby dan lounge serta ruang konsultasi.


Berikut adalah perspektif dari ruang-ruang yang ada di Sekolah Tinggi Mode Haken Indonesia.

Lobby and Lounge 
EatLove Cafe
Boutique & Gallery
Boutique & Gallery

Boutique & Gallery

Boutique & Gallery

Boutique & Gallery

Boutique & Gallery
Ruang Kelas Teori
Ruang Kelas Teori
Studio Jahit
Studio Pola & Drapping
Studio Workshop
Studio Workshop
Studio Gambar
Ruang Asistensi Tugas / Ruang Konsultasi
Ruang Serbaguna
Perpustakaan Buku serta Bahan
Ruang Rapat Pengelola

Konsep dari Sekolah Tinggi Mode Haken Indonesia secara singkat adalah menawarkan pendidikan di bidang mode (fashion) dengan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah tsb. fasilitas penunjang yang ada juga diharapkan dapat mengasah kreativitas para siswa dan membantu para siswa untuk dapat lebih mengeksplor kemampuannya agar siap terjun di masyarakat. Ruang-ruang kelas yang bersifat open space juga diharapkan dapat menjadikan siswa lebih berfikir kreatif serta out of the box dalam menghasilkan ide-ide baru dalam dunia mode (fashion).


Seperti misalnya, disediakan galeri serta butik dengan tujuan memamerkan hasil karya para siswa sekaligus memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh mereka,

Disediakan perpustakaan yang tidak hanya menyediakan buku saja tetapi juga bahan-bahan tekstil agar pengunjung dapat lebih mendapatkan informasi mengenai dunia mode.
Disediakan ruang serbaguna sebagai tempat mengadakan seminar, talk show, workshop ataupun fashion show sebagai ajang pamer karya para siswa.


Desain interior yang diusung oleh sekolah ini juga tematik, dengan gaya tema modern energetic diharapkan dapat membawa suasana yang lebih hidup serta semangat belajar dan berkreativitas.


SEMOGA BERMANFAAT!






See You On My Next Post!

With love,









You Might Also Like

0 comment

Like on Facebook Page

Part Of

Jakarta Beauty Blogger Blogger Perempuan Indonesian Female Bloggers DASY.mal Warung Blogger Mama Daring